6 Cara Mudah Menghilangkan Gatal Ketombe

6 Cara Mudah Menghilangkan Gatal Ketombe

Konsumsi lemak berlebihan adalah salah satu penyebab timbulnya ketombe. Tak bisa dibantah jika tubuh juga membutuhkan lemak, namun jumlah yang berlebihan justru akan merangsang produksi kelenjar sabasea (kelenjar yang mengelilingi setiap akar rambut). Kelenjar sabasea inilah yang jadi penyebab kulit kepala berminyak dan berketombe. Selain makanan berlemak, makanan pedas juga jadi pemicu timbulnya ketombe.

Nah, inilah 6 cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk menghadapi ketombe yang bisa Anda terapkan, keluarga HaloDoc.

1. Konsumsi Buah & Sayur

Konsumsi sayur dan buah secara teratur. Ingat, untuk memilih makanan yang mengandung Zincseperti ikan, kedelai, dan biji-bijian.

2. Perbanyak Asupan Makanan

Kurangi makanan pedas dan berlemak. Imbangi dengan asupan vitamin B6, C, dan A. Anda bisa mendapatkan manfaat ini dari buah ataupun suplemen vitamin.

3.  Perhatikan Kandungan Sampo

Apabila sering menggunakan minyak, gel, tonik, dan spray rambut, sebaiknya mulai kurangi kebiasaan ini. Rutin bersihkan rambut setiap dua hari sekali dengan sampo anti ketombe. Pilih yang mengandung zat aktif seperti selenium sulfida, asam salisilat, siklopiroks, ketokonazol, atau Zinc Pyrithione (ZPT). Namun tidak disarankan bagi ibu hamil dengan menggunakan sampo dengan kandungan ini.

4. Kurangi Beban Pikiran

Sebisa mungkin untuk mengurangi beban pikiran Anda. Tanpa disadari, meski bukan menjadi penyebab utama, beban pikiran berat bisa mengundang datangnya ketombe.

5. Keringkan Rambut Secara Alami

Jika biasanya Anda biasa menggunakan pengering rambut, usahakan membiarkan rambut kering secara alami. Namun apabila harus menggunakannya, coba lakukan tanpa membuat rambut benar-benar kering.

6. Pilih Sampo Yang Cocok

Apabila ketombe sudah bisa dihindari, sebaiknya Anda menggunkaan sampo dengan kandungan lembut seperti sampo bayi. Ini tidak akan merusak rambut dan membuat kulit kepala Anda iritasi. Setiap pagi mulailah untuk menyempatkan berjemur di bawah sinar matahari sejenak untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit.

Mencegah lebih baik daripada mengobati bukan ? Yuk, mulai saat ini lakukan keenam cara diatas dan SAY NO to ketombe!

Share this:

Disqus Comments