Waspada, 4 Penyebab Diare di Musim Kemarau

Waspada, 4 Penyebab Diare di Musim Kemarau

Saat musin hujan mengakibatkan kondisi cuaca lembab, penyebaran bakteri dan virus menjadi lebih mudah menyebabkan kondisi tubuh jadi tidak sehat. Selain flu dan demam yang mudah menyebar ketika musim hujan, diare juga menjadi salah satu penyakit yang mudah diidap seseorang yang daya tahan tubuhnya rendah.

Diare merupakan salah satu masalah pencernaan yang dapat mengganggu aktivitas. Umumnya, kondisi ini juga disertai dengan masalah sistem pencernaan seperti nyeri perut, mual, dan muntah. Pada kasus yang parah, diare juga disertai demam dan keluarnya darah pada feses saat buang air besar. Saat diare, terjadi peningkatan jumlah buang air besar dan feses yang dikeluarkan lebih cair dari biasanya.

Yuk, cari tahu 4 penyebab diare yang umum terjadi berikut ini:

1. Bakteri & Virus

Umumnya, diare disebabkan oleh infeksi bakteri yang dapat menyebabkan keracunan makanan. Reaksi tubuh yang terkena bakteri ini akan merespon dengan mengeluarkan cairan.

2. Air Tidak bersih

Ingat selalu bahwa tidak semua air dapat membersihkan dan memiliki kualitas yang baik. Apalagi jika Anda menggunakannya untuk menyikat gigi, mencuci sayuran dan buah, membuat es batu, dan keperluan lainnya. Jika air yang digunakan telah tercemar virus, bakteri dan parasit maka dapat menyebabkan diare.

3. Masalah Psikologi

Diare dapat menyerang seseorang yang mengalami gangguan emosional. Kondisi emosi yang tidak stabil seperti stres dan panik bisa menyebabkan timbulnya diare.

4. Konsumsi Vitamin C

Vitamin C baik untuk mencegah tubuh tertular virus seperti pilek. Namun konsumsi berlebihan justru membuat perut bereaksi, sehingga dapat menyebabkan diare. Untuk itu, konsumsi vitamin C secara wajar dan sesuai kebutuhan.

Untuk konsultasi seputar kesehatan dan penyakit lainnya, silahkan kunjungi laman Halodoc.

Share this:

Disqus Comments